Tugas Pokok dan Fungsi

BAB II

GAMBARAN PELAYANAN SKPD

  1. Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi
  • Tugas dan Fungsi SKPD

          Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Solok  Nomor : 56 tahun 2016 tentang Kecamatan, pasal 4 ayat 1 menyebutkan bahwa Camat menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, yaitu :

  1. Menyelenggarakan uruasn pemerintah umum ;
  2. Mengkoordinasi kegiatan pemberdayaan masyarakat ;
  3. engoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  4. Mengkoordiansikan pemeliharaan prasarana dan prasarana pelayanan umum;
  5. Mengkoordinasikan penyelengaraan kegiatan pemerintah yang di lakukan oleh perangkat Daerah Kabupaten di tingkat kecamatan / Unit Pelaksana Teknis Dinas / Badan;
  6. Memebina dan mengawasi penyelenggraan kegiatan desa / nagari;
  7. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan;

          Selain tugas dalam menyelenggarakan tugas umum pemerintahan, Camat Lembang Jaya diberi kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah sebagaimana tertuang dalam peraturan dalam Peraturan Bupati Solok Nomor : 25/Bup-2007 tentang Pelimpahan Sebagian kewenangan Bupati kepada Camat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok tanggal 17 Juli 2007 yang meliputi:

  1. Kewenangan Perizinan;
  2. Kewenangan Rekomendasi;
  3. Kewenangan Koordinasi;
  4. Kewenangn Pembinaan;
  5. Kewenangan Pengawasan;
  6. Kewenangan Fasilitasi;
  7. Kewenangan Penyelenggaraan.
  • Struktur Organisasi SKPD

Pengaturan penyelenggaraan Kecamatan baik dari sisi pembentukan, kedudukan, tugas dan fungsinya secara legalistik diatur dengan Peraturan Pemerintah. Sebagai perangkat daerah, Camat mendapatkan  pelimpahan kewenangan yang bermakna urusan pelayanan masyarakat. Selain itu kecamatan juga akan mengemban penyelenggaraan tugas-tugas umum pemerintahan. Camat dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh perangkat kecamatan dan bertanggung jawab kepada Bupati/Walikota melalui Sekretaris daerah kabupaten/kota. Pertanggungjawaban Camat kepada Bupati/Walikota melalui Sekretaris Daerah adalah pertanggungjawaban administratif. Pengertian melalui bukan berarti Camat merupakan bawahan langsung Sekretaris Daerah, karena secara struktural Camat berada langsung di bawah Bupati/Walikota.

  • , Mempunyai Fungsi :
  1. Penyusunan Program dan anggaran meliputi penyusunan Renstra, Renja, dan RKA;
  2. Penyelenggaraan Administrasi perkantoran yang meliputi ketatausahan, Kepegawaian, Urusan Rumah Tangga, Hukum dan Organisasi da Hubungan Masyarakat;
  3. Penyelenggaraan Urusan Keuangan dan Kelengkapan.

Dalam urusan Keuangan dan perlengkapan meliputi urusan perbendaharaan, pendapatan,pengelolaan barang milik daerah, tindak lanjut laporan hasil pemeriksanaan, monitoring dan pelaporan;

  • Sekretariat terdiri dari :
  1. Sub bagian Perencanaan dan keuangan : dan
  2. Sub bagian Umum dan Kepegawaian.

Uraian tugas

  1. Sub bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :
  • Menghimpun peraturan perundang-undangan, mengolah data dan informasi, petunjuk teknis yang berhubungan dengan ketatausahaan , Rumah Tangga, perlengkapan dan kepegawaian sebagai pedoman kerja;
  • Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan ketatausahaan , rumah tangga, perlengkapan dan kepegawaian serta menyiapkan bahan untuk pemecahan masalah;
  • Menyusun program dan kegiatan dengan berpedoman kepada Rentra;
  • Mengatur penyaluran, pemakaian alat tuliskantor, inventaris dan perpustakaan;
  • Melaksanakan administrasi, penggandaan dan pendistribusian surat masuk, surat keluar, perjalanan dinas, penyimpanan berkas kerja, kepagawaian, data dan bahan serta keprotokoleran;
  • Menyiapkan dan melaksanakan urusan hukum, organisasi dan hubungan masyarakat;
  • Mengelola administrasi kepegawaian, menyusun Daftar Urut Kepangkatan ( DUK ) dan Bezetting Pegawai;
  • Melakukan kajian dan analisa formasi kebutuhan pegawai pada badan;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan pengembangan sumber daya aparatur;
  • Menyiapkan, meneliti dan memproses bahan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pensiun, cuti, Kartu Pegawai, Kartu Isteri, Kartu Suami dan Kartu Taspen, Tugas Belajar, Izin Belajar, Pendidikan dan Pelatihan ( diklat ) struktural dan fuingsional;
  • Menyiapkan bahan usulan pemberian penghargaan ( Reward ) dan pemberian Hukuman disiplin ( Punish );
  • Menyiapkan dan menyampaikan Laporan disiplin aparatur;
  • Menjaga dan memelihara kebersihan, ketertiban, keindahan, kenyamanan, kelestarian lingkungan dan keamanan Kantor;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelopran kegiatan sub bagian umum dan kepgawaian; dan
  • Melaksanakan tugas lian yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
  1. Sub bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :
  • Menghimpun peraturan perundangan-undangan, mengelola data dan informasi, petunjuk teknis yang berhubungan dengan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan sebagai pedoman kerja;
  • Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan sebagai pedoman kerja;
  • Menyusun program dan kegiatan dengan berpedoman kepada Renstra;
  • Menghimpun, mengkoordinasikan dan sinkronisasi perencanaan satuan kerja;
  • Menyiapkan data statistik;
  • Melaksanakan penatausahaan keuangan;
  • Melaksanakan urusan perbendaharaan yang meliputi gaji dan pengelolaan kegiatan;
  • Melakukan esktensitas dan intensifikasi pendapatan asli daerah;
  • Melakukan verifikasi dan akuntansi keuangan;
  • Melaksanakan inventarisasi dan dokumentasi kegiatan;
  • Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan laporan keuangan dan tindak lanjut laporan pemerikasanaan;
  • Mengumpulkan, menghimpun, mengkoordinasikan dan membuat laporan kemajuan pelaksanaan kegiatan;
  • Penyusun laporan bulanan, triwulan, semester, laporan kinerja, LKPJ, LPPD;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian perencanaan dan keuangan; dan
  • Melaksanakan tugas lian yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Seksi Pemerintahan dan Pelayanan administrasi terpadu Mempunyai tugas :
  • Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pemerintahan dan kesejahteraan rakyat sebagai pedoman dan landasan kerja;
  • Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pemerintahan dan kesejahteraan rakyat serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  • Menyusun rencana, Program kerja dan anggaran berbasis kinerja berpedoman kepada rencana strategis;
  • Menyelenggarakan fasilitasi kegiatan pemerintahan dan pelayanan terpadu yang dilakukan oleh perangkat daerah di kecamatan;
  • Menyusun data jumlah penduduk, laporan kelahiran dan kematian, keterangan pindah / mutasi;
  • Memfasilitasi penyelenggaraan penyuluh hukum;
  • Melaksanakan pelayanan pertanahan sesuai dengan tugas dan lingkup kewenangan kecamatan berupa menguat surat keterangan tanah, menguat surat keterangan pemakaian tanah negara dan memberikan rekomendasi permohonan hak atas tanah Negara;
  • Memfasilitasi penyelenggaraan urusan kesatuan bangsa dan politik;
  • Memfalitasi proses pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari dan Badan Musyarawarah nagari;
  • Memfalitasi penyelenggraan Pemilihan Umum ( PEMILU ) dan Pemilihan Umum Kepala Daerah ( PEMILU KADA ) serta Pemilihan Wali Nagari ( PILWANA );
  • Menyusun monografi kecamatan;
  • Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap aparatur nagari dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan nagari;
  • Menyusun standar operasional prosedur pelayanan kecamatan;
  • Melaksnakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
  • Melaksanakan tugas lian yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Seksi Kesejahteraan Rakyat dan Sosial  mempunyai tugas :
  • Menghimpun dan mengolah peraturan dan perundang-undangan, pedoman dan petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan lainnya sebagai pedoman dan landasan kerja.
  • Menginventarisasi permasalahan yang menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  • Menyusun rencana, program kerja dan menyusun anggaran berbasis kinerja berpedoman kepada rencana strategis;
  • Menyiapakna bahan koordiansi dangan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertical dibidang penyelengaraan kegiatan yang berhubungan dengan kesejahteraan rakyat dan / atau sosial ;
  • Memfasilitasi kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan dan keagamaan, kebudayaan, olah raga, lingkungan hidup dan kebersihan di kecamatan;
  • Memfalitasi penangguhan permasalahan sosial;
  • Menyiapkan bahan kebijakan, bimbingan dan kebijakan serta petunjuk teknis yang berkaitan dengan pemberdayaan sosial;
  • Memberdayaan institusi sli dan/atau yang sudah ada di masyarakat;
  • Memfasilitasi pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia untuk pemberdyaan masyarakat sesuai dengan kewenangannya;
  • Memfasilitasi pelaksanaan pembinaan kegiatan organisasi sosial kemasyarakatan;
  • Menganalisis dan pengembangan kinerja seksi;
  • Menyusun kegiatan pendataan kader generasi muda untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ) dan Unit Kesehatan Sekolah ( UKS );
  • Memfasilitasi kegiatan pembinaan Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ) dan tenaga kesejahteraan sosial;
  • Memfasilitasi pelaksanaan program pembinaan kelompok sosial dan pendidikan;
  • Memfasilitasi pelaksanaan program pembinaan kelompok sosial masyarakat;
  • Pembina dan mengawasi penyenggaraan kegiatan kesejahteraan rakyat dan sosial di nagari;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

 

  • Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai Tugas :
  • Menghimpun dan mengolah peraturan perundang-undangan, pedoman, petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan lainnya sebagai pedoman dalam landasan kerja;
  • Menginventrisasi permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  • Menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja berpedoman kepada rencana strategis;
  • Memfasilitasi kegiatan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  • Menyusun pelaporan pelaksanaan kegiatan ekonomi, pembagunan dan pemberdayaan masyarakat serta pemeliharaan sarana dan prasarana umum;
  • Melaksanakan lomba nagari berprestasi tingkat kecamatan;
  • Melaksanakan pembinaan penyusunan profil nagari dan menyusun profil kecamatan;
  • Memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) dan urusan pembangunan di kecamatan;
  • Melaksanakan Musyarawah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang) Kecamatan;
  • Membina penyusunan profil nagari;
  • Membina kegiatan badan usaha milik nagari;
  • Memfasilitasi pelaksanaan program usaha ekonomi produktif generasi muda;
  • Memfasilitasi pelaksanaan pembentukan kelompok usaha bersama;
  • Memfasilitasi pelaksanaan pembentukan kelompok usaha bersama;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
  • Seksi Ketentraman, ketertiban Umum dan Penaggulangan Bencana
  • Menghimpun dan mengolah peraturan perundangan-undangan, pedoman dan petunjuk teknis, data dan informasi serta bahan lainnya sebagai pedoman dan landasan kerja;
  • Mengiventarisasi permasalahan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah;
  • Menyusun rencana, program kerja dan anggaran berbasis kinerja berpedoman kepada rencana strategis;
  • Melaksanakan evaluasi dan pelaporan ketentraman, ketertiban umum, penanggulangan bencana, penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati di wilayah Kecamatan;
  • Membina dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan ketentraman, ketertiban umum dan penaggulangan bencana di Nagari;
  • Memantau, mensosialisasikandan melaksnakan penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati di Wilayah kecamatan;
  • Memantau setiap kegiatan masyarakat yang bersifat hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan serta kegiatan-kegiatan yang menjurus pada perbedaanantar Suku, Ras, Agama, Antar Golonga ( SARA ) baik organisasi partai Politik, Organisasi massa, oragnisasi kepemudaan dan organisasi lainnya yang bisa membahayakan keamanan dan ketertiban di Kecamatan;
  • Melaksanakan pembinaan Linmas yang berada di wiliayah kerja kecamatan;
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.