Wakil Bupati Solok: Silek di Nagari-nagari Harus Dikembangkan

Keterangan Gambar : Perguruan silat di Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok.

Arosuka, -Wakil Bupati Solok mengapresiasi banyaknya perguruan pencak silat yang ada di Nagari Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Sebagai seni bela diri asli leluhur Minangkabau, pencak silat patut dilestarikan dan jangan tergerus oleh zaman.

“Perguruan silat, harus dipertahankan dan jangan sampai terkubur oleh kemajuan zaman. Anak-anak muda kita, jangan sampai kurang peduli terhadap ilmu bela diri yang sudah diturunkan oleh orang tua kita dari sejak dahulu,” kata Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH. saat ditemui usai berkunjung Kenagari Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya, Jumat (10/3/2017).

Ia berharap agar kedepannya perguruan silat yang ada di Nagari Koto Anau dapat terus menjalin silaturahmi antara yang satu dengan lainnya, bila perlu didukung dan dibantu dana APBD untuk pengembangannya.

"Dengan tujuan agar pembinaan pencak silat di dinagari Koto Anau bisa kian meluas di seluruh Kabupaten Solok," tambah Yulfadri Nurdin.

“Tetapi kita akan coba kaji terlebih dahulu kalau ini memungkinkan sebagai program unggulan ya tentu akan dijadikan unggulan,” ucapnya.

Ditambahkan, Kabupaten Solok saat ini bukan hanya menyandang sebagai daerah yang kaya akan beras, tetapi juga kaya akan seni dan budaya. Hanya saja pembinaannya oleh pemerintah daerah hingga saat ini dirasa masih belum optimal.

“Yang jelas pencak silat ini juga bagian dari seni budaya kita. Kabupaten Solok juga kaya akan seni budaya. Oleh sebab itu semua seni dan budaya yang di Kabupaten Solok, apapun nada-nadanya harus kita coba dan kita kaji ulang mana saja yang kita priorotaskan,” kata Wabub. (DW)

Komentar Dari Facebook

Tinggalkan Komentar