Stok Daging Aman di Solok, Sumatera Barat

Keterangan Gambar :

Arosuka - Masyarakat Kabupaten Solok, Sumatera Barat, dipastikan tenang menghadapi bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri 1438 Hijriyah mendatang karena kebutuhan daging sapi terpenuhi, bahkan surplus mencapai 5.338,8 ton.

"Kebutuhan daging sapi Kabupaten Solok tahun ini hanya 600 ton atau 4.000 ekor sapi dengan berat rata-rata sekitar 150 kilogram per ekor, sedangkan stok daging mencapai 5.938,8 ton," kata Kadis Pertanian setempat, Admaizon melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Prima Efiandri di Arosuka, Jumat (7/4).

Ia menyebutkan populasi ternak sapi potong terbesar terdapat di Kecamatan Kubung mencapai 7.574 ekor, Kecamatan X Koto Diatas 5.156 ekor, dan Kecamatan Lembang Jaya 5.020 ekor. Sapi atau kerbau yang dipotong untuk kebutuhan adalah sapi atau kerbau jantan, sedangkan betina terutama yang masih produktif tidak boleh dipotong agar populasinya terus meningkat.

Dengan kondisi itu Kabupaten Solok tidak pernah terkendala dengan kebutuhan daging, walaupun menyambut hari besar Islam seperti pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, karena memang persediaan selalu melebihi dari kebutuhan.

Meskipun sudah surplus daging pemerintah daerah masih ikut menyukseskan program pemerintah pusat untuk meningkatkan produksi ternak yaitu Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB). Untuk 2017 target kebuntingan sapi betina mencapai 6.000 ekor. (Rif/Ant)

Komentar Dari Facebook

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

    Posted by doa qunut | 15 Sep 2017, 20:25:34 WIB |
    Dengan kondisi itu Kabupaten Solok tidak pernah terkendala dengan kebutuhan daging, walaupun menyambut hari besar Islam seperti pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri, karena memang persediaan selalu melebihi dari kebutuhan
    Posted by the goddess | 28 Okt 2017, 04:50:47 WIB |
    semoga setiap tahun stok daging di solok tetap terpenuhi...

Tinggalkan Komentar